Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Wednesday, July 25, 2018

Download Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah / Madrsah (TAS / M) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK

Download Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah / Madrsah (TAS / M) SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK - Direktorat Tenaga Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah-Direktorat Jenderal Guru / Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017. Buku ini merupakan buku cetakan pertama yang diterbitkan pada tanggal dan bulan April 2017.

Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah / Madrsah (TAS / M) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK
Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah / Madrsah (TAS / M) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK
Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemempauan dan bentuk watak kerja serta peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan sumber daya pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga kependidikan, masyarakat, dana, sarana, dan prasarana. Sebagai sumber daya pendidikan, tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan dukungan layanan administrasi sekolah pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah menjelaskan bahwa tenaga administrasi sekolah/madrasah terdiri atas kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus. Pelaksana Urusan meliputi pelaksana urusan: administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi sarana prasarana, administrasi humas, administrasi persuratan dan kearsipan, administrasi kesiswaan, administrasi kurikulum, dan administrasi umum untuk SD/MI/SDLB. Petugas layanan khusus, meliputi penjaga sekolah, tukang kebun, pengemudi dan pesuruh. Berdasarkan peraturan tersebut, untuk dapat diangkat sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Tenaga Administrasi sekolah/Madrasah mencakup kompetensi kepribadian, sosial, teknis, dan manajerial. Pelaksana Urusan meliputi kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis pelaksana urusan, sadangkan Petugas Layanan Khusus mencakup kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis petugas layanan khusus.

Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah disusun sebagai acuan bagi tenaga administrasi sekolah/madrasah agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Selengkapnya silahkan lihat pada lampiran tayangan berikut ini.


Silahkan unduh filenya !
SEO SUNDA
Merekomendasikan :
Demikianlah yang kami informasikan tentang TAS atau Tenaga Administrasi Sekolah / Madrasah yang sesuai dengan judul artikel ini yakni "Download Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah / Madrsah (TAS / M) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK".
Panduan kerja ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melakukan pembinaan bagi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
Kami mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah (AKTAS) yang telah terlibat dalam penyusunan Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah ini.

No comments:

Post a Comment