Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Friday, November 1, 2019

Jawaban PKP LK 5 RPP Lengkap dengan Media Pembelajaran PowerPoint Pecahan Biasa Operasi Hitung Perkalian Bilangan Bulat Negatif

Halo, bagaimana kabarnya rekan guru sasaran Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi semuanya, Admin berharap semoga semua pelaksanaan baik In atau On berjalan dengan lancar. Minggu kemarin telah membagikan kumpulan LK secara lengkap muolai dari LK 1 sampai LK 9, sekarang akan membagikan yang ada jawabannya yaitu LK-5 Pengembangan RPP pada On 1.

Keterangan : 
RPP dan PowerPoint Matematika ini merupakan bahan Praktek Guru dalam Pelaksanaan On Diklat PKP melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019.

Inilah RPP dan Media Pembelajaran ppt atau PowerPoint Materi Pelajaran Perkalian Bilangan Bulat Negatif
LK-5. PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
ON-1
Tujuan Kegiatan: 
Mereviuw bahan pembelajaran dari unit materi pembelajaran dan mengembangkan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Langkah Kegiatan: 
1. Pengembangan Pembelajaran
a Peserta mengkaji sistematika penyusunan RPP berorientasi HOTS (LK-5)
b RPP disusun secara individu sesuai dengan jenjangnya berdasarkan pada LK-3 yang telah dikerjakan pada kegiatan IN-2
c Melengkapi RPP dengan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
d Penilaian pengetahuan memasukkan soal-soal HOTS yang telah disusun pada LK-4 di kegiatan IN-2.
e Menyusun Bahan Ajar dan dilampirkan pada RPP.
2. Desain Pembelajaran Unit ke-2
a. Mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-3) dengan ketentuan (110’):
1. Unit pembelajaran ke-2 didesain untuk digunakan pada ON
2. Guru kelas (tematik terpadu):
mendesain pembelajaran dengan memadukan minimal dua mata pelajaran yang akan dilaksanakan pada On-3.
Jika pada On-3 muatan mata pelajaran yang akan diajarkan tidak ada unit pembelajarannya maka guru harus mengembangkan sendiri muatan mata pelajaran tersebut dan dipadukan dengan muatan mata pelajaran yang ada unit pembelajarannya.
3. Desain Penilaian Pembelajaran
a Mengembangkan penilaian pembelajaran berdasarkan KD pada unit pembelajaran yang terpilih pada LK-4.
b Menyusun soal HOTS dengan menggunakan LK-4 dengan langkah kegiatan sebagai berikut:
1. Menyusun kisi-kisi soal pada LK-4.a
2. Menyusun soal pilihan ganda pada LK-4.b
3. Menyusun soal uraian pada LK-4.c

LK 5 PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Jawaban PKP LK 5 RPP Lengkap dengan Media Pembelajaran PowerPoint Pecahan Biasa Operasi Hitung Perkalian Bilangan Bulat Negatif, https://riviewfile.blogspot.com/
Jawaban PKP LK 5 RPP Lengkap dengan Media Pembelajaran PowerPoint Pecahan Biasa Operasi Hitung Perkalian Bilangan Bulat Negatif


B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan Matematika
No
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2
Menjelaskan dan melakukan
operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan
pembagian yang melibatkan
bilangan bulat negatif
3.2.3  Memahami tentang operasi perkalian bilangan bulat negatif.
4.2
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan  dengan operasi
penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian yang
melibatkan bilangan bulat negatif
dalam kehidupan sehari-hari
 4.2.3 Mempraktekan tentang perkalian bilangan bulat negatif.

C TUJUAN
  1. Siswa mampu memahami operasi perkalian bilangan bulat negatif 
  2. Siswa mampu menghitung/mencari  operasi perkalian bilangan bulat negatif
  3. Siswa mampu mengidentifikasi masalah operasi perkalian bilangan bulat negatif
  4. Siswa mampu menyelesaikan masalah operasi perkalian bilangan bulat negatif
D. MATERI
  1. Pecahan Biasa Operasi Perkalian Bilangan Bulat Negatif
E. PENDEKATAN DAN METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

    10
    menit
Kegiatan
Inti
A.   Mengamati
  1. Siswa mengamati konsep- konsep perkalian bilangan bulat negatif. (Mandiri)
2.  Menjelaskan cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian bilangan bulat negatif.(Critical Thinking)

B.   Menanya
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan. (Communication)
2.    Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang perkalian bilangan bulat negatif.
3.    Guru menjelasakan pertanyaan siswa.

C.   Menalar
1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang perkalian bilangan bulat negatif. .(Critical Thinking and Problem Formulation)
2.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang perkalian bilangan bulat negatif dengan bimbingan guru.
3.    Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.
4.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang  perkalian bilangan bulat negatif.

D.   Mencoba
1.    Guru memberikan soal latihan tentang perkalian bilangan bulat negatif kepada siswa. .(Critical Thinking and Problem Formulation)
(HOTS)
2.    Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu. (Mandiri)

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian.

E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang perkalian bilangan bulat negatif.
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan bulat negatif yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.
(Communication)

   65
    menit

Kegiatan
Penutup
A.   Ayo Renungkan
·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
B. Kerja Sama dengan Orang Tua
·         Siswa diminta berdiskusi bersama orang tua tentang perkalian bilangan bulat negatif.
·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.
C.   Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi
D.   Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

    15
    menit

G. PENILIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;

  1. -3 x -7              = …..
  2. 2 x 6                = …..
  3. 7 x -5               = …..
  4. -8 x 4               = …..
H. SUMBER DAN MEDIA
Catatan Guru :
  1. Masalah : ....................
  2. Ide Guru : ....................
  3. Moment Spesial : ................

Unduh atau Download Selengkapnya pada link di bawah ini.

No comments:

Post a Comment