Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Thursday, October 3, 2019

Download Materi Pembelajaran Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Kelas Atas/Tinggi Mata Pelajaran IPA Energi dan Perubahannya SD

Kami sajikan untuk Bapak Ibu Peserta Diklat PKB melalui Program PKP Berbasis Zonasi Tentang "Materi Pembelajaran Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mata Pelajaran IPA Energi dan Perubahannya SD".

Materi Pembelajaran Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mata Pelajaran IPA Energi dan Perubahannya SD, https://riviewfile.blogspot.com/
Materi Pembelajaran Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mata Pelajaran IPA Energi dan Perubahannya SD 
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan YME, karena atas izin dan karunia-Nya Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi ini dapat diselesaikan.

Bagi Kepala Sekolah yang gurunya menjadi peseta Diklat PKP Berbasis Zonasi harus membuat surat Tugas PKB/PKP Mandiri atau Bantah/Banpem (Bantuan Pemerintah). Sebgai contoh silahkan lihat pada tautan di samping ini ( LINK Contoh Surat Tugas PKB, PKP dari Kepala Sekolah Format Microsot Wort).

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Materi PKP Mapel IPA SD Tahun 2019, https://riviewfile.blogspot.com/
Materi PKP Mapel IPA SD Tahun 2019
Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan berbagai pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit Pembelajaran ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridai upaya yang kita lakukan.

Saya menyambut baik terbitnya Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Unit Pembelajaran ini disusun berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta analisis soal-soal Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). UN dan USBN merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisis, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus
dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

Daftar Isi Materi PKP IPA SD

Daftar Isi Materi IPA SD Kelas Atas Tinggi Diklat PKP Berbasis Zonasi, https://riviewfile.blogspot.com/
Daftar Isi Materi IPA SD Kelas Atas Tinggi Diklat PKP Berbasis Zonasi
DAFTAR ISI
                                                                                                                                                 Hal
DAFTAR ISI_______________________________________________________________11
DAFTAR GAMBAR ________________________________________________________12
DAFTAR TABEL___________________________________________________________12
PENGANTAR _____________________________________________________________13
KOMPETENSI DASAR______________________________________________________14
A. Kompetensi Dasar dan Target Kompetensi ____________________________________ 14
B. Indikator Pencapaian Kompetensi ____________________________________________14
SOAL-SOAL UN/USBN_____________________________________________________16
BAHAN PEMBELAJARAN__________________________________________________18
A. Aktivitas Pembelajaran____________________________________________________ 18
B. Lembar Kerja Peserta Didik ________________________________________________ 20
C. Bahan Bacaan ___________________________________________________________ 22
PENGEMBANGAN PENILAIAN______________________________________________28
A. Pembahasan Soal-soal _____________________________________________________ 28
B. Mengembangkan Soal HOTS _______________________________________________ 29
KESIMPULAN _____________________________________________________________33
UMPAN BALIK_____________________________________________________________34

DAFTAR GAMBAR
                                                                                                                                                Hal,
Gambar 1. Bersepeda di jalan menanjak_________________________________________ 15
Gambar 2. Bola menggelinding ________________________________________________ 22
Gambar 3. Anak berseluncur__________________________________________________ 22
Gambar 4. Kincir angin ______________________________________________________ 23
Gambar 5. Anak memantulkan bola ____________________________________________ 23
Gambar 6. Air terjun_________________________________________________________ 24
Gambar 7. Mainan dari plastisin dengan berbagai bentuk ____________________________ 25
Gambar 8. Gaya dapat mengubah posisi benda ____________________________________ 25
Gambar 9. Permainan volly ___________________________________________________ 26
Gambar 10. Selembar kertas dan bulatan kertas____________________________________ 27
Gambar 11. Permukaan halus dan permukaan kasar_________________________________ 27

DAFTAR TABEL
Tabel 1. Kompetensi Dasar dan Target Kompetensi..............................................................  14

Selengkapnya kami tayangkan riview buku tersebut di bawah ini.


Silahkan download Bukunya di bawah ini.
Baca yang lainnya :
Kisi-Kisi dan Pembahasan Soal Preetes, Post Test PKB, SIM PKB untuk Guru SD, SMP, SMA, SMK Semua Mata Pelajaran
DOWNLOAD PANDUAN KEGIATAN PENGIMBASAN IMPLEMENTASI SPMI DI SEKOLAH IMBAS (ON) LPMP JAWA BARAT TAHUN 2019
Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasi guru untuk mengembangkan materi dan pelaksanakan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Semoga Allah SWT senantiasa meridai upaya yang kita lakukan.

Demikianlah tentang Materi Diklat PKP Kelas TInggi atau Kelas Atas untuk Pesetta PKP Berbasis Zoani Mata Pelajaran Paket 3 Ilmu Pengetahuan Alam "Energi dan Perubahannya) unyuk Guru SD Tahun 2019. Semoga bermanfaat sehingga lulus baik di preetest maupun nanti di postest. Amiin

No comments:

Post a Comment