Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Wednesday, September 25, 2019

Paparan Lengkap BOS Kinerja dan BOS Afirmasi Tahun 2019

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mulai tahun 2019 pemerintah memberikan Bantuan Oresaional Sekolah melalui pengalokasian dana bantuan operasional sekolah afirmasi dan dana bantuan sekolah kinerja.

Paparan Lengkap BOS Kinerja dan BOS Afirmasi Tahun 2019, https://riviewfile.blogspot.com/
Paparan Lengkap BOS Kinerja dan BOS Afirmasi Tahun 2019
Agar BOS Afirmasi dan BOS Kinerja sesuai dengan sasaran, Mendikbud telah mengeluarkan Petunjuk dan Teknis BOS Afirmasi dan Kinerja melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja yakni Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja.

Inilah tayangan paparan lengkap terkait dengan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019.


Download PPT BOS Kinerja dan BOS Afirmasi Tahun 2019

Untuk lebih jelasnya silahkan baca atau unduh filenya di bawah ini tentang Juknis BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019.


BATANG TUBUH PERMEN 31 TAHUN 2019 - LINK DOWNLOAD DISINI

Sekolah yang mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi yaitu bagi Sekolah yang termasuk 3T (Tedepan, Terluar, dan Tertinggal), sedangkan bagi sekolah yang mendapatkan bantuan dana operasional sekolah Kinerja yaitu sekolah yang sudah baik dalam kinerjanya selama 2 tahun terakhir, menurut rapor mutu pendidikan.

Inilah pengertian daerah yang termasuk 3T dan permaslahannya.

Karakteristik Daerah 3T pada dasarnya tidak akan terlepas daripada ketertinggalan yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan yang tidak merata dan proses desentralisasi yang tidak efektif.

Desentralisasi yang inefektif semacam ini mengakibatkan perkembangan wilayah penduduk cenderung disalurkan lebih kepada daerah-daerah kapital seperti perkotaan, daerah kabupaten berkembang, atau daerah industri.

Hal tersebut membuat pembangunan yang ada menjadi sedemikian terhambat. Pembangunan yang dimaksudkan pada tulisan ini adalah pembangunan yang berkaitan pada aspek edukasi nasional. Pendidikan yang tidak merata sedemikian penting untuk menjadi sorotan utama di antara permasalahan nasional lain.

Dareha 3T adalah daerah yang dinilai masih meemerlukan bantuan dalam berbagai sektor termasuk di dalamnya ialah sektor pendidikan. Yang mana menurut Cynthia (2009) dalam tesisnya memaparkan bahwa salah permasalahan yang ada di daerah 3T adaah pendidikan, dimana di daerah 3T belum sepenuhnya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, wilayah terpencil yang secara geografis sulit dijangkau-salah satunya adalah Daerah 3T.

Menurutnya kondisi tersebut mengakibatkan ketidaksetaraan penerima layanan pendidikan pada usia sekolah nasional. Dapat disimpulkan bahwa aksesibilitas yang buruk dan kesulitan pemenuhan kebutuhan fundamental masyarakat Daerah 3T adalah akar dari rasa sungkan masyarakat Daerah 3T untuk memanfaatkan fasilitas edukasi yang tersedia.

Kenyataan tersebut sungguh kontradiktif dengan harapan negara yang tercantum pada UUD 1945 pasal 31 Ayat (2) yang menyatakan bahwa setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib memberikan kontribusi demi tercapainya kewajiban tersebut.

Dengan kata lain, pendidikan yang dimaksud pasal di atas saat ini hanya bisa dinikmati sebagian masyarakat Indonesia saja. Hal tersebut didasarkan pada distribusi kemajuan yang inefektif.

Mutrofin (2009) menyimpulkan bahwa, secara umum, terdapat butir-butir masalah utama yang menjadi akar permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan. Hal tersebut adalah inefektivitas kinerja tenaga pendidik; distribusi fasilitas pendidikan yang tidak merata; relevansi tujuan dan rencana pendidikan dengan kondisi yang ada, dan; manajemen pendidikan yang inefisien. Selain itu, ide tentang pemerataan pendidikan adalah konsep yang mengarah pada kebutuhan pendidikan secara menyeluruh.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Do you understand there is a 12 word phrase you can communicate to your partner... that will induce deep emotions of love and instinctual attraction for you deep within his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, admire and guard you with his entire heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will make him try harder than ever before to take care of you.

    Matter-of-fact, triggering this dominant impulse is absolutely important to getting the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll soon find him open his mind and heart for you in a way he never expressed before and he'll identify you as the one and only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    ReplyDelete