Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Saturday, August 24, 2019

Download Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu, Daftar Tema dan Alokasi Waktu Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 3, 4, 5, 6

Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Kurikulum 2013
Pembelajaran Tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu dalam kurikulum 2013 yang menaitkan beberapa tema pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang berharga dan bermakna pada peserta didik.

Pembelajaran terpadu yakni sebagai sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan konsep sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik dalam satu mata pelajaran atau antar beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik memberikan penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik dan sesuai dengan materi pelajaran untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang dapat memadukan beberapa informasi.

Pembelajaran tematik berdasar pada pilsafat konstruktivisme yang berpandangan bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik merupakan hasil bentukan peserta didik itu sendiri.

Melalaui interaksi dengan lingkungannya peserta didik dapat membentuk pengetahuannya, dan bukan bentukan hasil orang lain.Proses pembentukan yang terjadi pada peserta didik berlangsung secara terus menerus sehingga pengetahuan yang dimiliki o;eh peserta didik semakin lengkap.

Tersedia :
Download Kumpulan Lengkap Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6
Menyajikan Kumpulan secara lengkap tentang Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 untuk Sekolah Dasa..
Download Gratis RPP Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Revisi 2018
Download Aplikasi Administrasi Guru Lengkap
Administrasi Guru merupakan segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh orang guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya sebagai seorang pendidik untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.  

Dalam proses pembelajaran tematik menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif, sehungga peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung dan secara terlatih dapat menemukan pengalaman sendiri dengan berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.Pembelajaran harus bermankna dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan siswa/anak ini berdasarkan teori Gestal dan Piaget sebagai tokoh psikologi.

Dalam pembelajaran tematik dekenal learning by doing (belajar dengan melakukan), dengan demikian seorang guru diharuskan merancang atau mengemas rancangan pembelajaran yang dapat mempengaruhi peserta didik untuk melakukan kebermaknaan peserta didik. Sehingga yang dirancang dapat mengandung pembelajaran yang konseptual sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Keterkaitan konseptual anatara mata pelajaran yang dopelajari nantinya akan membentuk skema. Sehingga peserta didik akan mendapat keutuhan dan kebulatan dalam pengetahuannya.

Ciri khas pembelajaran Tematik, yaitu :


Tujuan Pembelajaran Tematik, yaitu :
Adapun ruang lingkup dari pembelajaran tematik yaitu meliputi Kompetensi Dasar (KD) dari semua Mata Pelajaran diantaranya mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes, serta Seni Budaya dan Prakarya, kecuali Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan muatan lokal lainnya.

Silahkan download artikelnya di bawah ini !

Untuk semua guru harus mengetahui daftar tema dan jumlah alokasi waktu dalam Kurikulum 2013 untuk SD/MI. silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

DAFTAR TEMA DAN ALOKASI WAKTU KURIKULUM 2013 SD/MI MULAI DARI KELAS 1 SAMPAI KELAS 6.
Kelas Bawah 1, 2, 3


Daftar Tema dan Alokasi Waktu K13 SD/MI Kelas Bawah 1, 2, 3, https://riviewfile.blogspot.com/
Daftar Tema dan Alokasi Waktu K13 SD/MI Kelas Bawah 1, 2, 3

Kelas Atas 4, 5, 6

Daftar Tema dan Alokasi Waktu K13 Kelas Atas 4, 5, 6 SD/MI, https://riviewfile.blogspot.com/
Daftar Tema dan Alokasi Waktu K13 Kelas Atas 4, 5, 6 SD/MI
Silahkan download pada link di bawah ini.
Inilah informasikan yang dapat admin tulis yaitu Daftar Tema dan Alokasi Waktu K13 SD/MI Kelas 1-6. Terima kasih sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment