Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Monday, March 25, 2019

Unduh Contoh Model Silabus dan RPP Matematika SD/MI Kurikulum 2013

Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan, 2017.

Model Silabus dan RPP Matematika SD/MI K-2013, https://riviewfile.blogspot.com
Model Silabus dan RPP Matematika SD/MI K-2013
Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki kecakapan atau kemahiran matematika sebagai bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa yang mencakup kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Silabus mata pelajaran Matematika SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Baca :
Kumpulan Lengkap Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6
RPP SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2
UNDUH, DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN SMP KELAS 7, 6, 9 SEMESTER 1 DAN 2 KURIKULUM 2013
Pelaksanaan pembelajaran di SD/MI dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. Silabus Tematik Terpadu SD/MI disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah.

Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Matematika di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:
  1. memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari;
  2. melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
  3. melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya;
  4. memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  5. menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

Adapun isi pokok buku ini adalah sebagai berikut :

Peta Materi pada Mata Pelajaran Matematika SD/MI hal 7
Kompetensi Dasar, Materi Pokok, dan Pembelajaran hal 12
Model Silabus Matematika Satuan Pendidikan SD/MI hal 36
RPP Kelas 1 Semester 1 hal 42
RPP Kelas 2 Semester 1 hal 44
RPP Kelas 3 Semester 1 hal 47
RPP Kelas 4 Semester 1 hal 49
RPP Kelas 5 Semester 1 hal 51
RPP Kelas 6 Semester 1 hal 53

Silahkan unduh bukunya di bawah ini!

Dengan demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.

No comments:

Post a Comment