Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Saturday, April 21, 2018

RPP Tematik Terpadu K 13 Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Sub Tema 1, 2, 3

SEO SUNDA-Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh seorang guru diantaranya adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini merupakan hasil revisi 2017 terbaru. Revisi ini memuat unsur-unsur seperti berikut ini :
  1. Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam pendidikan karakter memuat 5 karakter diantaranya adalah religius, nasionals, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegritaskan literasi, keterampilan abad 21 atau istilahnya dengan sebutan 4 C yaitu Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative (Kreatif, berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif).
  3. Mengintegritaskan HOTS ( Higher Order Thinking Skill ) atau skil berfikir tingkat tinggi.
Baiklah kita sekarang fokus kepada RPP Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2017 kelas 5 Tema 9 sub tema 1, 2, dan 3 tentang Benda-Benda di Sekitar Kita.
Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus dirancang dan disiapkan oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran.
Lihat juga :
Pengertian :
perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar.
Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. RPP harus memuat Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran.

Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

RPP Tematik Terpadu K 13 Kelas 5 SD Semester 2 Tema 9 Sub Tema 1, 2, 3
RPP Tematik Terpadu K 13 Kelas 5 SD Semester 2 Tema 9 Sub Tema 1, 2, 3
Selengkapnya silahkan unduh/download di bawah ini.
Demikianlah terkait RPP Kurikulum 2013 tematik terpadu Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 9 yang dapat kami posting kali ini.

No comments:

Post a Comment