Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Saturday, April 21, 2018

PANDUAN UMUM LOMBA BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR TAHUN 2018

SEO SUNDA - PANDUAN UMUM LOMBA BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR TAHUN 2018.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar terus berupaya untuk melakukan Peningkatan Budaya Mutu di Sekolah Dasar, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud. Sebagai upaya pembinaan akan dilaksanakan pemilihan sekolah model terbaik yaitu Sekolah Berbudaya Mutu. 

Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Sekolah SD Tahun 2018
Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Sekolah SD Tahun 2018

Dalam pemilihan ini difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup:
  1. budaya mutu pembelajaran,
  2. Manajemen Berbasis Sekolah, dan
  3. budaya mutu Ekstrakurikuler.
Budaya mutu sekolah merupakan faktor yang penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap penuh optimisme, berani, terampil, berperilaku kooperatif, ulet, disiplin, beretos kerja tinggi, dan pandai menangkap peluang.
Sekolah Dasar yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti :
  • perilaku siswa,
  • proses pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler,
  • prestasi akademik dan non akademik,
  • kondisi fisik sekolah,
  • kinerja perpustakaan,
  • lingkungan sekolah,
  • budaya sekolah, dan
  • manajemen sekolah yang berpengaruh terhadap kinerja individu dan mutu sekolah.
Dalam kegiatan di Sekolah Dasar ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi para pendidik sebagai pelaku pendidikan dalam melakukan pembinaan budaya mutu sekolah yang bermuara pada terwujudnya siswa yang berkepribadian unggul dan berprestasi. Lomba budaya mutu dapat mencapai hasil yang lebih optimal perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku pendidikan.
Jakarta, 16 April 2018
Direktur Pembinaan Sekolah Dasar
Dr. Khamim, M.Pd.
NIP. 196608171988031002

Dalam Lomba ini sekolah dapat dikembangkan pada tataran spirit, tataran teknis dan tataran sosial. Oleh karena itu, budaya mutu sekolah dapat disebarluaskan, dilombakan bahkan diadaptasi oleh sekolah lain. Dalam Lomba Budaya Mutu Sekolah merupakan kegiatan pembinaan sekolah dasar melalui evaluasi kinerja sekolah terutama terkait aspek pembelajaran, ekstrakurikuler dalam pengembangan pendidikan karakter, manajemen berbasis sekolah, pengelolaan perpustakaan serta lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. 

Sepaya budaya mutu sekolah tersebut terus tumbuh dan berkembang serta berimbas pada sekolah-sekolah lain, perlu diadakan perlombaan yang kemudian dinamakan Lomba Budaya Mutu. 

Meskipun demikian, sekolah-sekolah yang sudah mencapai kriteria tertentu secara keseluruhan dan memperlihatkan keunggulan dalam salah satu komponen budaya mutu, diberikan apresiasi dalam lomba.
Keunggulan dalam komponen lomba termasuk:
1) Manajemen Berbasis Sekolah;
2) Kurikulum dan Pembelajaran;
3) Kegiatan Ekstrakurikuler. 

Gambar Komponen Lomba Budaya Mutu Sekolah 2018
Gambar Komponen Lomba Budaya Mutu Sekolah 2018
 D. Tujuan
1. Tujuan Umum

Tujuan umum Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar ini adalah untuk mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar ini adalah:
  1. Menemukan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dengan segala kekhasan dan keunggulannya masing-masing sebagai model yang baik (good practices) bagi sekolah lain.
  2. Menghimpun berbagai pengalaman inspiratif dari sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dan lingkungan yang bermutu
  3. Mendokumentasikan dan menyosialisasikan pengalaman inspiratif pengembangan budaya mutu kurikulum dan pembelajaran, praktik baik pendidikan karakter di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, serta manajemen berbasis sekolah kepada sekolah dasar di seluruh Indonesia.
  4. Memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan sekolah dasar maupun Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima kepada peserta didik.

E. Hasil Lomba Budaya Mutu
1. Hasil Jangka Pendek
  • Terpilihnya sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dengan segala kekhasan dan keunggulannya masing-masing,
  • Terdokumentasikan dan tersosialisasikan budaya mutu ke sekolah dasar di seluruh Indonesia.
2. Hasil Jangka Panjang
  • Bertumbuhkembangnya motivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan sekolah dasar maupun Pemerintah Daerah, dalam pembinaan budaya mutu sekolah dasar dan layanan prima kepada peserta didik,
  • Bertumbuhkembangnya sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dan dapat dijadikan model dalam pembinaan layanan prima sekolah dasar baik di setiap provinsi maupun kabupaten/kota.
Kami sajikan selengkapnya :

PANDUAN UMUM LOMBA BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR TAHUN 2018

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKRTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR - JAKARTA 


Sebagai kata akhir dalam menutup pertemuan ini, yaitu, bahwa :
Panduan Pelaksanaan Lomba Budaya Mutu, difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan dengan tetap memberikan apresiasi kepada sekolah yang memperlihatkan komponen tertentu dari mutu yang dinilai. Komponen ini yaitu :
  1. Pembelajaran,
  2. Manajemen Berbasis Sekolah, dan
  3. Ekstrakurikuler.
Bapak Ibu Buku Panduan ini disusun sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar.
Untuk mendapatkan keberhasilan pelaksanaan kegiatan penilaian Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar ini tidak terlepas dari peran serta semua pihak. Pada akhirnya hasil pelaksanaan penilaian Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar dapat didokumentasikan agar bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk memotivasi melaksanakan pendidikan yang bermutu di masa yang akan datang. 
Semoga saja pendidikan kita lebih maju.

No comments:

Post a Comment