Download Metode Analisis Tingkat Kerusakan Bangunan Sekolah Formal Dapodikdasmen Tahun 2019 |
Tingkat kerusakan yang terjadi pada bangunan dikelompokkan :
- Tingkat Kerusakan 0-30 % : kategori rusak ringan
- Tingkat Kerusakan 30-45 % : kategori rusak sedang
- Tingkat Kerusakan 45-65 % : kategori rusak berat
- Tingkat Kerusakan > 65 % : kategori rusak total
KLASIFIKASI KERUSAKAN BANGUNAN
CONTOH KLASIFIKASI KERUSAKAN BANGUNAN
CONTOH KERUSAKAN BANGUNAN
KOMPONEN BANGUNAN
1. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN PONDASI
1. Pondasi adalah struktur dasar bangunan yang ada di dalam tanah.
2. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN STRUKTUR
2.1 Kelompok dan ringbalk adalah struktur rangka beton bertulang pada bidang dinding yang menopang beban atap.
2.2 Plesteran Struktur adalah lapisan yang digunakan untuk menutupi struktur.
3. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN ATAP
3.1. Rangka Atap Reng adalah struktur rangka dibawah penutup atap.
3.2. Rangka Atap Usuk/kasau Usuk berfungsi menerima beban dari penutup atap dan reng dan meneruskannya ke gording.
3.3. Rangka Atap Kuda-kuda Atap adalah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap
3.4. Penutup Atap Bahan penutup atap : genteng, sirap, seng, meta atau bahan lain yang biasa digunakan sebagai penutup atap.
3.5 Listplank dan talang
4. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN PLAFONT
4.1. Rangka plafond adalah struktur rangka diatas plafond yang berfungsi menyangga penutup plafond.
4.2. Penutup plafond adalah tripleks, asbes atau bahan lain yang digunakan sebagai penutup plafond dengan list-nya.
4.3. Finishing plafond adalah proses penyelesaian atau penyempurnaan akhir dari suatu bangunan dengan cara melapisi material dengan cat,politur, dll.
Cat Plafond adalah cat yang digunakan untuk warna penutup plafond dengan list-nya.
5. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN DINDING
5.1. Bata/dinding pengisi adalah dinding dari bahan bata merah/batako/papan atau bahan lainnya.
5.2. Plesteran Dinding adalah adalah proses melapisi dindingdengan menggunakan campuran semend dan pasir dengan tujuan meratakan permukaan dinding
Finishing Dinding adalah proses penyelesaian atau penyempurnaan akhir dari suatu bangunan dengan cara melapisi material dengan cat,politur, dll.
Cat Dinding adalah cat yang digunakan untuk warna dinding.
5.3. Daun Pintu adalah penutup bukaan/lubang untuk pintu
5.4. Daun Jendela adalah penutup bukaan/lubang untuk jendela (termasuk kaca mati).
5.5. Kusen Pintu dan Jendela adalah bingkai tempat menempatkan daun pintu dan jendela pada dinding.
6. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN LANTAI
6.1. Penutup Lantai adalah penutup permukaan lantai ruangan (keramik, tegel, plesteran, acian, papan kayu atau bahan lainnya).
Struktur bawah lantai : tanah urugan/pasangan yang berada di bawah penutup lantai. Kerusakan yang terjadi biasanya adalah penurunan lantai.
7. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN UTILITAS
7.1. Instalasi Listrik adalah adalah suatu bagian penting dalam sebuah bangunan gedung yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari instalasi pengusaha ketenagalistrikan ke titik-titik beban
7.3. Instalasi Air dan Air Hujan
8. CARA MENENTUKAN TINGKAT KERUSAKAN PADA KOMPONEN FINISHING
8.1. Finishing Struktur
8.2. Finishing Dinding
8.3. Finishing Kusen
8.4. Finishing Plafond
ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN
PENILAIAN NILAI BANTUAN
Silahkan download filenya di bawah ini !
Lihat pula :
PERMENDIKBUD NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK OPERASIONAL DANA ALOKASI KHUSUS FISIK BIDANG PENDIDIKAN
Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Pasal 1 dalam Peraturan Menteri ...
Rincian Lokasi, Target Out Put DAK
PROPOSAL JAMBAN, DOWNLOAD PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN TOILET (JAMBAN) BESERTA SANITASI DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) FISIK BIDANG PENDIDIKAN TAHUN ANGGARAN 2019Terima kasih
Selamat pagi untuk rekan para digma pendidikan di seluruh Indonesia. Pada tahun 2018 yang lalu kami mengajukan beberapa proposal dengan ber...
Kerja Kita. Prestasi Bangsa
No comments:
Post a Comment