Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Tuesday, May 1, 2018

Kode Surat Menyurat Dalam Pengadministrasian

Seo Sunda - Setiap Kantor, Organisasi, Lembaga, Instansi ataupun sejenisnya pasti akan ada pengadministrasian. Pengadministrasian tersebut kaitannya dengan pengarsipan, yaitu pengarsipan dokumen termasuk persuratan. Keterkaitan surat menyurat dalam pengadministrasian ini sangat dibutuhkan nomor surat yang sesuai dengan peruntukan surat dimaksud. Mestinya surat keruar harus memakai nomor surat yang telah sesuai menurut aturab yang berlaku.
Kode Surat Menyurat dalam pengadministrasian perkantoran/lembaga/organisasi/instansi/ termasuk kepanitian suatu kegiatan juga harus mencantumkan nomor surat yang tidak asal-asalan.
Nomor surat yang sering kami pergunakan sebagaimana yang secara rinci seperti di bawah ini.

Demikianlah terkait tentang Kode Surat Menyurat dalam Administrasi. Mari dan mulailah dari sekarang kita pakai atau pergunakan kode surat sesuai dengan aturan yang kami sahrekan di atas. Semoga setelah mengetahui pengkodean surat menyurat, kita tidak bingung untuk mengklasifikasikan surat sebagai dokumen yang sangat penting. 

Ingat urusan surat menyurat sangat berkaitan sekali dengan Tata Usaha (TU). Ketatausahaan ini sangat berkaitan juga dengan pengadministrasian kesekretariatan suatu lembaga/organisasi/instansi/perkantoran baik pemerintah maupun non pemerintah, termasuk pengadministrasian surat menyurat di satuan pendidikan yaitu sekolah.

Pasti semuanya dan kami yakin sudah mengetahui tetantng cara membuat surat, kali ini admin akan mengingatkan kembali tentang kode yang ada pada sebuah surat. Lihat selengkapnya di bawah ini.
Kode Surat
1. Kode surat yaitu terdiri dari 15 Jenis Surat, seperti berikut ini.
  1. Surat Keputusan disingkat SKep
  2. Surat Keterangan disingkat SKet
  3. Surat Edaran disingkat SEd
  4. Surat Tugas disingkat ST
  5. Surat Kuasa disingkat SK
  6. Surat Peringatan disingkat SP
  7. Surat Ijin Kegiatan disingkat SIK
  8. Surat Perjanjian disingkat SPn
  9. Surat Undangan disingkat Und
  10. Memorandum disingkat Mem
  11. Nota Dinas  disingkat Nd
  12. Pengumuman disingkat Peng
  13. Surat Ketetapan disingkat STap
  14. Surat Perintah disingkat SPer
  15. Surat Lain-lain disingkat L
2. Kode Surat yang merupakan contoh sebagai singkatan dari sebuah acara yang akan dilaksanakan atau yang akan diselenggarakan.
  1. Konferensi Zona dsingkat KZ
  2. Seminar Umum disingkat SU
  3. Seminar Teknologi disingkat ST
3. Kodee bulan dalam sebuah Surat biasa ditulis dalam huruf Romawi, yaitu dari bulan Januari sampai Desember (I-XII)

4. Kode Tahun dalam surat tidak boleh disingkat seperti 2018 jangan ditulis 18.

Kami tulsikan juga contoh beberapa kode surat, dikarenakan penomoran surat dimulai dari 000 s/d 900, secara khsusus admin akan menulis kode nomor surat untuk wilayah instansi Pendidikan.
Selengkapnya lihat tampilan tayangan berikut ini.

Demikian yang dapat admin tulis kali ini terkait dengan Kode Surat Menyurat dalam Pengadministrasian Ketatausahaan sebuah organisasi khususnya lembaga pendidikan.
Semoga bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment