Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Saturday, November 10, 2018

Download Buku Matematika Untuk Siswa SMA Kelas 11 Kurikulum 2013

Download Buku Matematika Untuk Siswa SMA Kelas 11 Kurikulum 2013. Selamat berjumpa kembali anak-anakku yang sedang menempuh sebagai peserta didik SMA kelas 11.


Para siswa-siswi SMA Kelas 11, Kalian merupakan generasi Muda harapan bangsa ...
Sesungguhnya, kami gurumu punya cita-cita dan harapan dari hasil belajar kamu. Kami berkeinginan membelajarkan kamu pada setiap ruang dan waktu. Tetapi itu tidak mungkin, karena ruang dan waktu membatasi pertemuan kita. Namun demikian, ruang dan waktu bukan penghambat bagi kita mendalami ilmu pengetahuan. Pakailah buku ini sebagai salah satu sumber belajarmu. Apa yang ada dalam buku ini cukup bermanfaat untuk mempelajari matematika, dan untuk keberhasilan kamu menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Matematika adalah hasil abstraksi (pemikiran) manusia terhadap objek-objek di sekitar kita dan menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan, sehingga dalam mempelajarinya kamu harus memikirkannya kembali, bagaimana pemikiran para penciptanya terdahulu. Belajar matematika sangat berguna bagi kehidupan. Cobalah membaca dan pahami materinya serta terapkan untuk menyelesaikan masalah-masalah kehidupan di lingkunganmu. Kamu punya kemampuan, kami yakin kamu pasti bisa melakukannya.

Buku ini diawali dengan pengajuan masalah yang bersumber dari fakta dan lingkungan budaya siswa terkait dengan materi yang akan diajarkan. Tujuannya agar kamu mampu menemukan konsep dan prinsip matematika melalui pemecahan masalah yang diajukan dan mendalami sifat-sifat yang terkandung di dalamnya yang sangat berguna untuk memecahkan masalah kehidupan. Tentu, penemuan konsep dan prinsip matematika tersebut dilakukan oleh kamu dan teman-teman dalam kelompok belajar dengan bimbingan guru. Coba lakukan tugasmu, mulailah berpikir, bertanya, berdiskusi, berdebat dengan orang/teman yang lebih memahami masalah. Ingat …!!!, tidak ada hasil tanpa usaha dan perbuatan.

Asahlah pemahaman kamu dengan memecahkan masalah dan tugas yang tersedia. Di sana ada masalah autentik/nyata dan teka-teki untuk memampukan kamu berpikir logis, cermat, jujur dan tangguh menghadapi masalah. Terapkan pengetahuan yang telah kamu miliki, cermati apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, konsep dan rumus mana yang akan digunakan untuk menyelesaikan. Semuanya sangat berguna bagi kamu.

Selamat belajar, semoga buku ini bermanfaat dan dapat membantu kamu kompeten bermatematika dan memecahkan masalah kehidupan.
                                                                                                Tim Penulis 



MATEMATIKA

Filosof pendidikan dalam pengembangan Kurikulum 2013 berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik dan masyarakat yang bertujuan untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yangberiman, berkemanusian, berpengetahuan dan berketerampilan. Kerangka flosofs ini harus menjadi kerangka berpikir pendidik (guru) atau mindset guru dalam menyelenggarakan pendidikan itu sendiri (termasuk didalamnya daya dukung kurikulum, tujuan dan isi pendidikan,penilaian proses dan hasil pendidikan.

Pembelajaran matematika diarahkan agar peserta didik mampu berpikir rasional dan kreatif, mampu berkomunikasi dan bekerjasama, jujur, konsisten, dan tangguh menghadapi masalah serta mampu mengubah masalah menjadi peluang. Guru memampukan peserta didik untuk menemukan kembali berbagai konsep dan prinsip matematika melalui pemecahan masalah nyata di lingkungan budayanya. Aktivitas peserta didik mengonstruksi berbagai konsep, sifat, dan aturan matematika melalui pemecahan masalah kompleks. Komunikasi dan  kerjasama di antara peserta didik dalam memahami, menganalisis, berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah menjadi fokus utama dari guru.
Pembelajaran matematika dalam buku ini mempertimbangkan koneksi matematika dengan masalah nyata, bidang ilmu lain, dan antar materi matematika di dalamnya. Dalam kajian konsep dan prinsip matematika sangat tergantung semesta pembicaraan yang disepakati dan pertimbangan jangkauan kognitif peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Setiap konsep dan prinsip yang dibangun merupakan acuan untuk menemukan konsep yang baru, baik dalam satu topik ataupun antar topik. Misalnya, konsep dan prinsip pada topik menentukan himpunan penyelesaian suatu program linear dua variabel dapat dibangun dari konsep dan prinsip yang ada pada topik menentukan himpunan penyelesaian dari suatu sistem persamaan linear dua variabel; atau konsep dan prinsip pada topik turunan dibangun dari konsep dan prinsip yang ada pada topik limit fungsi. Pola pikir deduktif dengan pendekatan pembelajaran induktif, matematika yang bersifat abstrak dengan pendekatan konkrit, sifat hirarkis dan konsistensi, serta penggunaan variabel atau simbol yang kosong dari arti, merupakan karakteristik matematika yang harus menjadi bahan pertimbangan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Sajian buku ini di mulai dengan materi Induksi Matematika, kemudian secara berurutan dilanjutkan dengan Program Linear, Matriks,Transformasi, Barisan, Limit Fungsi, Turunan dan diakhiri dengan materi Integral.

No comments:

Post a Comment