Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Wednesday, September 5, 2018

Download Aplikasi Lengkap Kinerja Guru, Penilaian Kinerja KS, PenilaDownload Aplikasi Lengkap Kinerja Guru, Penilaian Kinerja KS, Penilaian Kinerja WKS, Penilaian Kinerja Perpustakaan, Penilaian Kinerja Laboraturium/Bengkel, PKG dan PKB, PKG BKian Kinerja WKS, Penilaian Kinerja Perpustakaan, Penilaian Kinerja Laboraturium/Bengkel, PKG dan PKB, PKG BK

Download Aplikasi Lengkap Kinerja Guru, Penilaian Kinerja KS, Penilaian Kinerja WKS, Penilaian Kinerja Perpustakaan, Penilaian Kinerja Laboraturium/Bengkel, PKG dan PKB, PKG BK - Aplikasi ini sangat diperlukan ketika kalau diadakan waktunya penilaian dari atasan kepada bawahannya. Penilaian Kinerja ini dilaksanakan laporannya setiap tahun yaitu pada setiap akhir tahun selama 12 bulan.

Asesor sedang memberikan materi dalam kegiatan PKB, https://riviewfile.blogspot.com/
Asesor sedang memberikan materi dalam kegiatan PKB
Apa itu PKG?
Penilain yang dilakukan oleh atasan kepada bawahan atau seperti penilaian Kepala Sekolah kepada guru, yaitu penilaian yang dilakukan setiap butir kegiatan tugas guru dalam rangka pembinaan karier, kepangkatan dan jabatannya.
Pelaksanaan tugas utama guru tidak terlepas atau tidak dipisahhkan dari kemampuan atau keprofesionalan dan penugasan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya dalam menerapkan kompetensinya.

Penguasaan dan penerapan kompetensi sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran, pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan yang sesuai dengan fungsi sekolah/madrasah. Untuk itu, perlu dikembangkan sistem penilaian kinerja guru. Sistem penilaian kinerja guru adalah sebuah sistem pengelolaan kinerja berbasis guru yang didesain untuk mengevaluasi tingkatan kinerja guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik. Ini merupakan bentuk penilaian yang sangat penting untuk mengukur kinerja guru dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai bentuk akuntabilitas sekolah.

Tujuan Penilaian Kinerja GURU (PKG)
  1. Menentukan tingkat kompetensi seorang guru;
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja guru dan sekolah;
  3. Menyajikan suatu landasan untuk pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja guru;
  4. Menyediakan landasan untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru;
  5. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya serta mempertahankan sikap positif dalam mendukung pembelajaran peserta didik untuk mencapai prestasi, dan
  6. Menyediakan dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir guru serta bentuk penghargaan lainnya.

Tujuan Umum dan Khusus dari PKB
Umum
Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kinerja di sekolah/madrasah dalam tangka meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. 

Tujuan yang khusus dari PKB yakni :
  1. Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dalam peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik. 
  3. Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
  4. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga sebagai penyandang profesi guru.
  5. Meningkatkan citra, harkat, dan martabat profesi guru di   masyarakat.
  6. Menunjang pengembangan karir guru.
Manfaat dari diadakannya PKB :
Secara umum meningkatkan kebutuhan pemenuhan keprofesian guru, tetapi secara terperinci adalah sebagai berikut :
  1. Bagi Peserta Didik. Dengan adanya pelaksanaan PKB, maka peserta didik memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif.
  2. Bagi Guru. Kepada guru dengan melaksanakan PKB (pengembangan keprofesian berkelanjutan) akan dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang.
  3. Bagi Sekolah/Madrasah. Sekolah/Madrasah akan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik.
  4. Orang tua/masyarakat memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.
  5. Bagi Pemerinta, dengan adanya PKB akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.
Siapakah sasaran PKB :
Semua guru yang bertugas di satuan pendidikan dan bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan atau Kementerian lain, bisa juga pendidikan yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat.

Inilah Aplikasi Lengkap Tentang Penilaian Kinerja Baik untuk Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Lanoraturium atau Bengkel, Perpustakaan dan PKG plus PKB.

Aplikasi PKG Non PKB, https://riviewfile.blogspot.com/
Aplikasi PKG Non PKB
Aplikasi PKG Plus PKB, https://riviewfile.blogspot.com/
Aplikasi PKG Plus PKB
  Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, https://riviewfile.blogspot.com/
Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Aplikasi Penilaian Kinerja Wakil Kepala Sekolah, https://riviewfile.blogspot.com/
Aplikasi Penilaian Kinerja Wakil Kepala Sekolah
Aplikasi Penilaian Kinerja Laporaturium / Bengkel, https://riviewfile.blogspot.com/
Aplikasi Penilaian Kinerja Laporaturium / Bengkel
Aplikasi Penilian Kinerja Guru BK, https://riviewfile.blogspot.com/
Aplikasi Penilian Kinerja Guru BK
Semua aplikasi di atas kami satukan dalam sebuah file WinRan denga tujuan untuk mempermudah cara kerja tim Penilaian atau Asesor, juga Kepala Sekolah atau Guru yang ingin mengetahui tentang apa saja yang akan di nilai oleh atasannya.

Maka dengan itu kami persilahkan untuk dimilikinya dengan cara mendownload aplikasi dalam file googledrive di bawah ini.
Download Aplikasi PK Lengkap Tetang : >>> Kinerja Guru, Penilaian Kinerja KS, PenilaDownload Aplikasi Lengkap Kinerja Guru, Penilaian Kinerja KS, Penilaian Kinerja WKS, Penilaian Kinerja Perpustakaan, Penilaian Kinerja Laboraturium/Bengkel, PKG dan PKB, PKG BKian Kinerja WKS, Penilaian Kinerja Perpustakaan, Penilaian Kinerja Laboraturium/Bengkel, PKG dan PKB, PKG BK
Merekomendasikan : 

Demikianlah yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment