Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Friday, April 7, 2017

Inilah Daftar Cerita Rakyat Jawa Barat


Daftar Cerita Rakyat Jawa Barat

Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang jumlah penduduknya paling banyak, data statistik penduduk jabar tahun 2015 terdapat sekitar 46.709.569 orang yang bertempat tinggal di wilayah Jawa Barat.

Di daerah Jawa Barat mayoritas penduduknya adalah berasal dari suku Sunda dan menggunakan bahasa Sunda dalam keseharian-nya, namun ada beberapa wilayah yang mayoritas penduduknya bukanlah suku Sunda seperti daerah Cirebon yang mayoritas penduduknya adalah dari suku Cirebon dan juga daerah Depok, Bogor, Bekasi dan Karawang yang sebagian wilayahnya di huni oleh suku Betawi.
Dengan wilayah yang cukup luas, Jawa Barat memiliki objek pariwisata yang cukup banyak diantaranya adalah Kebun Raya Bogor, Taman Safari, Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Taman Buah Mekarsari, Pemandian Air Panas Ciater dan masih banyak lagi.

Daerah Jawa Barat juga memiliki makanan dan minuman khas yang beragam seperti Bandrek, Bajigur, Batagor, Peuyeum, Serabi, Kupat Tahu, Soto Bandung, Empal Gentong, Asinan Bogor, Manisan Cianjur, Combro, Misro, Lotek dan lain-lain.

Selain itu, provinsi tertua di Indonesia ini juga memiliki cukup banyak cerita rakyat, mulai dari yang berhubungan dengan asal muasal nama suatu tempat seperti Asal Muasal Situ Bagendit, Asal Muasal Nama Cianjur dan juga Asal Muasal Telaga Warna.
Beberapa cerita rakyat Jawa Barat yang cukup terkenal diantaranya adalah Lutung Kasarung, Sangkuriang, dan Nyi Roro Kidul. Untuk mengetahui nama-nama cerita rakyat dari daerah Jawa Barat selengkapnya, anda bisa menyimak pada daftar cerita rakyat Jawa Barat berikut ini.
Inilah Daftar Cerita Rakyat Jawa Barat
Asal Muasal Situ Bagendit
Asal Mula Munculnya Padi
Asal Mula Nama Cianjur
Asal Mula Nama Dayeuh Manggung
Asal Mula Nama Majalengka
Asal Mula Pulau Mas
Asal Mula Telaga Warna
Asal-Usul Nama Giri Lawungan
Ki Rangga Gading
Kisah Ki Penganjang
Legenda Karang Nini Dan BaleKambang
Lutung Kasarung
Nyai Anteh Sang Penunggu Bulan
Nyi Mas Belimbing
Prabu Panggung Keraton
Putri Kandita (Asal Muasal Nyi Roro Kidul)

Sangkuriang Kabeurangan / Gunung Tangkuban Parahu
Kerajaan Padjajaran
Prabu Siliwangi
Prabu Kiansantang
Kerajaan Sumedang Larang
Maung Lodaya
Ciung Wanara
Si Kabayan 
Munding Laya Di Kusumah

Demikian Daftar Cerita Rakyat Jawa Barat. Semoga dapat menjungjung tinggi harkat dan martabat tanah leluhur, budaya, kearifan lokal tanah pasundan. Ini sebagai salah satu kekayaan nusantara yang harus dijaga keutuhannya.

Di mana tanah dipijak,
Di situ langit harus dijunjung.

No comments:

Post a Comment