Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Sunday, June 24, 2018

Buku Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Akhir Tahun 2017 Direktorat Pembinaan PAUD

Kami sampaikan sebagai informasi tentang Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Akhir Tahun 2017 Direktorat Pembinaan PAUD.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala berkah dan karunianya sehingga pelaksanaan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama tahun 2017 telah dapat kami laksanakan dengan baik. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, setiap instansi pemerintah diwajibkan menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sebagai bentuk pertangungjawaban atas kinerja instansi tersebut. Untuk itu Direktorat Pembinaan PAUD melakukan penyusunan LAKIP Tahunan untuk tahun 2017.
LAKIP Direktorat Pembinaan PAUD disusun untuk memberikan gambaran dan analisis mengenai pelaksanaan program PAUD selama tahun 2017. Laporan ini memuat analisis pencapaian dan kesenjangan antara rencana kegiatan dengan realisasinya.
Laporan ini pun menjelaskan daya serap fi sik dan keuangan berdasarkan indikator akuntabilitas kinerja, komponen input, output, outcome, dan dampak. Dalam melakukan analisis keuangan ditentukan capaian daya serap berdasarkan 4 (empat) jenis belanja yaitu belanja modal, belanja barang, belanja bantuan sosial, dan belanja gaji pegawai.
Hingga akhir tahun 2017, Direktorat Pembinaan PAUD telah mampu mencapai daya serap anggaran 96,40% dan realisasi daya serap fi sik sekitar 100%. Capaian ini sudah relatif baik meskipun belum maksimal. Tentunya, ada kerberhasilan dan kekurangan yang tejadi dalam pelaksanaan program PAUD pada tahun 2017 ini. Dengan LAKIP akhir tahun ini, kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan dan perhatian bagi perencanaan pelaksanaan program pada tahun yang akan datang yang tertuang dalam Rencana Kinerja Tahun selanjutnya.  


Secara umum dari pelaksanaan satu sasaran startegis yang perealisasinya didukung oleh sebelas indikator kinerja kegiatan, tiga indicator kinerja melebihi target, dan 10 indikator kinerja sesuai target.
Baca juga :
Kegiatan besar lainnya yang mendukung pelaksanaan output ini adalah sosialisasi PAUD yang dilaksanakan melalui beberapa media dan kegiatan. Salah satunya adalah melalui Festival Kreativitas Anak PAUD 2017 dengan tema: “Bahasa Ibu Mendorong PraKeaksaraan Anak Usia Dini” yang dilaksanakan di Puri Ardya Garini Halim Jakarta, pada kegiatan tersebut telah launching 53 Buku Bahasa Ibu dan 217 guru mendongengi 1.646 anak. Kegiatan ini memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk membaca buku cerita berbahasa ibu terbanyak. Diharapkan dalam kegiatan ini dapat disosialisasikan bahwa dengan mendongeng dan menggunakan bahasa daerah dapat membentuk karakter anak. Selain itu bahasa berperan penting dalam pendidikan dan keterpaduan social. Melalui bahasa ibu yang dipahami dalam keseharian, anak akan lebih mendengarkan, memahami dan berbicara dalam berbagai cara ekspresi.
Direktorat Pembinaan PAUD dalam melakukan sosialisasi selain pecetakan buku dan yang lainnya juga membuat satu Master Lagu Anak Usia Dini, 20 Boklet “note balok & lyrik lagu”, 20 Keping CD yang semua bahannya adalah dari hasil lomba 2016 dengan aransemen baru untuk dijadikan salah satu bahan sosialisasi.

No comments:

Post a Comment